Advertisement

Belajar Macam-Macam Hosting (cPenel)


cPanel

Control Panel Hosting menyediakan solusi elegan sebagai host dari beberapa situs website yang berjalan pada web hosting, VPS (Virtual Private Server), dan dedicated server.

1. Dasar-Dasar cPanel
Secara sederhana, cPanel identik dengan sebuah web hosting control panel yang digunakan untuk mengatur server yang letaknya sangat jauh (bisa didalam atau diluar negri) yang dipakai untuk hosting website.

a. Manfaat cPanel
cPanel disediakan oleh perusahaan pemilik server dan diinstal pada server yang bersangkutan. cPanel hingga sekatang baru support pada server dengan server yang berbasis Linux OS, Beberapa manfaat cPanel sebagai berikut:

1. Mempermudah pengelolaan file website.
2. Mempermudah pengaturan website.
3. Mempermudah pengaturan dan manajemen email.
4. Mempermudah pengelolaan domain.
5. Mempermudah mengelola database.
6. Mempermudah konfigurasi modul PHP yang dipakai.
7. Mempermudah pengaturan keamanan pada hosting.

Baca Juga: Firewall pada Komputer dan VoIP

2. Klarifikasi Control Panel Hosting Berbasis Open Source
a. cPanel 
cPanel identik dengan control panel hosting yang berbasis Unix atau Linux.

b. Plesk
Plesk tersedia bagi OS sever Linux dan Windows serta memiliki kemiripan dengan cPanel. Plesk digunakan untuk mengolah account hosting melalui antarmuka berbasis web.

Fitur-Fitur yang ditawarkan oleh Plesk, Sebagai Berikut:

1. Panel Kontrol Terpusat
Semuanya tersentralisasi. Menjalankan pembaharuan, memantau kinerja, dan mengembangkan proyek terbaru semuanya dari tempat yang sama. Ya, pengguna juga dapat membangun dan mengelola beberapa situs dari satu dasbor saja.

2. Fleksibilitas dan Kontrol Maksimum
Instal aplikasi pihak ketiga (third party), open source, atau khusus yang Anda butuhkan karena Anda mendapatkan akses root penuh melalui SSH pada setiap VPS yang didukung Plesk.

3. Punya 100 lebih Ekstensi? Tidak masalah!
Mengintegrasikan tools seperti DigiCert SSL, CloudLinux, Cloudflare, Atomicorp, Node Js, PHP, NGINX, Mari Enkripsi, Git, ImmunifyAV, Cloud Pro (dan banyak lagi) dan raih lebih banyak lagi dengan kemudahan platform Anda.

4. Toolkit Nomor 1 untuk WordPress Hosting
Semuanya dapat dilakukan pada satu platform: instal, perbarui dan hapus instans, tema & plugin. Beberapa fitur canggih disertakan, seperti kloning, staging, lingkungan pementasan, keamanan bawaan, sinkronisasi, dan cadangan / pengembalian.

5. Keamanan Situs & Server yang Kuat
Dibangun pada inti panel kontrol hosting Plesk dan ditingkatkan melalui mitra keamanan terkemuka kami di kelas. Pengguna menikmati tingkat keamanan yang luas di seluruh OS, jaringan dan aplikasi.

6. Kompatibilitas Terbaik! Di semua platform
Plesk adalah satu-satunya platform WebOps / hosting yang dapat berjalan pada setiap platform virtualisasi dan wadah.

c. ISPconfig 
ISPconfig berlisensi dibawah lisensi BSD yang identik dengan control panel open source mutiple bahasa yang berguna untuk mengelola beberapa server dibawah satu control panel.

Fitur-Fitur yang disediakan oleh ISPconfig, Sebagai berikut:
1. Mengelola satu atau beberapa server dari satu controlpanel.
2. web manajemen server untuk Apache dan Nginx.
3 .Manajemen server Mail ( dengan pengguna e-mail virtual) dengan spam dan filter antivirus.
4. Manajemen DNS Server ( BIND, PowerDNS dan MyDNS ).
5. Konfigurasi mirroring dan cluster.
6. Administrator , reseller , klien dan MailUser login.
7. Virtual Server manajemen untuk OpenVZ Server.
8. Statistik website dengan Webalizer.
9. Mengelola account e-mail dan FTP dengan baik.

d. Kloxo
Kloxo (sebelumnya dikenal sebagai Lxadmin ) adalah panel kontrol hosting gratis dan open-source untuk distribusi Red Hat dan CentOS Linux. Hingga Oktober 2017, proyek ini tidak terawat dengan sejumlah masalah yang belum terselesaikan, dan situs web proyek sedang offline.

Kloxo memungkinkan administrator host untuk menjalankan kombinasi lighttpd atau Apache dengan djbdns atau BIND , dan menyediakan antarmuka grafis untuk beralih di antara program-program ini tanpa kehilangan data. Kloxo Enterprise dapat memindahkan web / mail / dns secara transparan dari satu server yang menjalankan Apache ke yang lain yang menjalankan lighttpd. Ini sebelumnya dianggap sebagai alternatif gratis yang bagus untuk panel kontrol hosting cPanel.

Kloxo terintegrasi dengan Installapp, yang merupakan kumpulan sekitar 130 aplikasi web yang dapat diinstal ke situs web yang di-host. Ini didukung oleh Installatron - penginstal aplikasi pihak ketiga (mirip dengan Fantastico ) sebagai plugin.

Pada Oktober 2017 seluruh situs web LxCenter tampaknya turun dengan hanya repositori GitHub (dan beberapa percabangan) yang tersisa dengan perubahan penting terakhir yang berusia 3 tahun.

e. zPanel
ZPanel adalah web hosting control panel gratis dan lengkap untuk server berbasis Microsoft® Windows ™ dan POSIX (Linux, UNIX dan MacOSX). ZPanel ditulis dalam PHP dan menggunakan beberapa open source (atau tersedia secara bebas) paket perangkat lunak untuk menjadikan web hosting yang aman.

f. Webmin
Webmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistem untuk Unix. Menggunakan browser web yang modern, Anda dapat mengatur account pengguna, setup Apache, DNS, file sharing, dan banyak lagi. Webminmenghilangkan kebutuhan untuk secara manual mengedit file konfigurasi Unix seperti / etc / passwd, dan memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh.jadi selain mengunakan remote access secara cli yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan dan diatur admin melalui web browser.

Post a Comment

0 Comments