Advertisement

Belajar Sistem Operasi Macintosh


OS Macintosh

OS Macintosh atau yang akrab disebut Mac OS, adalah Operating System atau sistem operasi yang di kembangkan oleh Apple Corp. Mac OS sendiri merupakan singkatan dari Macintosh Operating System. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple merupakan sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Mac OS adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan komputer notebook apple macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos diciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7? atau “Sistem 7?. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.

Awalnya Apple juga sengaja menyembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.

Sistem Mac OS sendiri dapat dibedakan menjadi 2, yakni Mac OS Klasik dan Mac OS X.  Mac OS Klasik merupakan sistem yang pertama dikeluarkan oleh Mac pada tahun 1984 hingga Mac OS 9. OS ini dikenal sebagai suatu sistem yang tidak memiliki sembarang command line atau baris perintah. Sistem operasi ini merupakan sistem yang menggunakan user interface(UI) sepenuhnya.
Sedangkan Mac OS X Merupakan versi terbaru dari Mac OS. Huruf X dari Mac OS C diambil dari huruf romawi yang berarti. Mac OS X memadukan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac serta Managemen memori yang jauh lebih baik.

Perbedaan yang paling mudah dilihat dari Mac OS X ini adalah User Interface. Apple menambahkan Aqua GUI untuk mempercantik tampilan sehingga dapat dinikmati oleh pengguna. Selain itu, teknologi ColorSync juga ditambahkan ke dalam Mac OS X, sebuah teknologi yang berfungsi memberikan sinkronisasi warna sehingga cocok untuk pekerjaan multimedia. Sistem operasi ini memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan yang dimiliki sistem operasi ini antara lain adalah :

Kelebihan:
• “Time Machine”, aplikasi yang berfungsi untuk membackup system dan perubahan data secara otomatis
• “Sherlock”, aplikasi yang bisa mencari data harddisk, jaringan LAN dan Internet secara keyword
• Sangat sulit terserang virus, malware, maupun spyware
• Tampilan lebih glossy dan elegan, cocok untuk desain/multimedia
• Shutdown yang sangat cepat. waktu untuk shutdown hanya dibutuhkan 3 – 4 detik.
• Bisa mengenal file format windows

Kekurangan:
• Mahal, pasti menjadi satu dengan produk dari Apple sendiri dan pasti harganya sangat mahal.
• Tidak cocok untuk aplikasi games dan server
• Lebih cocok untuk desain grafis
• Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS.
• Mac OS tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
• Software di Mac OS tidak begitu lengkap.
MAC OS X memiliki banyak sekali kelebihan tetapi juga memiliki banyak kekurangan sehingga untuk menentukan dalam menggunakan sistem operasi ini membutuhkan keputusan yang tepat. Memang mungkin dirasa cukup mahal tetapi sepadan dengan performa dan tampilan yang diberikan oleh sistem operasi tersebut.

Mac OS 8
Pada bulan Juli tahun 1997 Mac OS merilis versi terbarunya, Mac OS 8. Respon publik cukup baik menanggapi diuncurkannya versi yang lebih canggih dibandingkan sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan terjualnya Mac OS 8 sebanyak 3 juta kopi hanya dalam waktu enam bulan setelah peluncuran.

Mac OS 9
Dua tahun kemudian, pada bulan Oktober tahun 1999 Mac OS kembali memperbarui sistem operasinya dengan versi terbarunya, Mac OS 9. Sistem operasi ini dianggap sebagai masa transisi atau peralihan dari OS versi 8 menuju OS X.

Cheetah (Mac OS X)
Mac OS X diperkenalkan kepada publik secara resmi satu tahun kemudian, bulan tahun 2000. Banyak upaya perubahan dan transformasi yang dilakukan oleh Apple untuk meningkatkan performa sistem operasi yang dimilikinya. Hal ini berkenaan dengan semakin majunya pola pikir masyarakat dan tingkat kebutuhan yang meningkat sehingga pengguna atau user membutuhkan sistem operasi yang canggih, yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan mereka.

Puma (Mac OS X 10.1)
Versi kedua Mac OS X ini mulai diperkenalkan kepada publik pada tahun 2001 namun baru resmi dirilis pada tahun 2011. Mac OS versi terbaru ini menawarkan tampilan yang lebih elegan dan modern yang dikenal dengan sebutan Aqua. Dukungan terhadap perangkat dan media seperti CD, MP3, DVD, printer, dan kamera digital pun semakin diperluas.

Jaguar (Mac OS X 10.2)
Dari waktu ke waktu, Apple berkonsisten untuk terus mengembangkan Mac OS X ini. Hal ini dibuktikan dengan dilaunchingnya Mac OS X versi 10.2 yang diberi kode nama Jaguar pada tahun 2002.

Panther (Mac OS X 10.3)
Versi berikutnya ini diperkenalkan pada tahun 2003 setahun setelah versi Jaguar. Fitur-fitur yang tersedia mulai dilengkapi seperti iChat AV untuk video konferensi, Finder dengan satu akses klik ke file dan folder, serta tampilan Expose.

Tiger (Mac OS X 10.4)
Versi terbaru, yaitu Mac OS X 10.4 mulai muncul pada tahun 2005. OS ini beri kode nama Tiger. OS ini begitu terkenal di masyarakat bahkan penjualannya mencapai angka 2 juta kopi hanya dalam jangka waktu enam minggu. OS ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya yaitu merupakan Mac pertama yang menggunakan Intel dimana Mac versi sebelumnya menggunakan Power PC.

Leopard (Mac OS X 10.5)
OS ini mulai diluncurkan pada tahun 2007. Beberapa transformasi pun tak luput dilakukan oleh pihak Apple Corporation, salah satunya yaitu dengan menambahkan fitur Cover Flow di Finder dan Time Machine.

Snow Leopard (Mac OS X 10.6)
Dirilis pada tahun 2009 dan OS versi ini merupakan pembaharuan besar-besaran yang dilakukan Apple dengan memperbarui 90 persen dari 1000 proyek yang ada dalam pengembangan Mac OS X.

Lion (Mac OS X 10.7)
Tahun 2011 Apple kembali mengembangkan OS terbarunya menjadi Mac OS X 10.7 yang diberi nama Lion. Pada OS versi terbaru ini terdapat integrasi yang lebih baik antara iOS dan Mac. iOS sendiri merupakan sistem operasi buatan Apple Corporation yang diperuntukkan bagi Iphone dan perangkat lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan Apple TV. Sedangkan seperti telah diketahui sebelumnya bahwa Mac OS diperuntukkan bagi komputer Macintosh. Lion juga menjadi Mac pertama yang dapat diunduh di toko aplikasi utama milik Apple, Apple Store. Terdapat sekitar 250 fitur yang ada di Apple Store, baik berupa fitur baru maupun fitur yang diperbarui.

Mountain Lion (Mac OS X 10.8)
Pada tahun 2012, Apple kembali melakukan pengembangan dan perubahan terhadap OS yang dmilikinya. Versi Mac OS terbaru yang diberi nama Mountain Lion ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang elum ada pada versi sebelumnya. Sebut saja dukungan berupa aplikasi iMessage, iCloud, dan integrase yang lebih baik dengan jejaring sosial Twitter.

Mavericks (Mac OS X 10.9)
OS Mavericks, rilisan MAC OS X yang kesepuluh ini di rilis pada tanggal 22 Oktober 2013 dengan berbagai update yang ditekankan pada ketahanan baterai, peningkatan Finder(Pencarian), perbaikan power users dan juga integrasi iCloud. Nama Mavericks diambil dari sebuah lokasi berselancar di California, ini adalah versi MAC OS pertama yang dirilis menggunakan sebuah nama lokasi. Sebelumnya MAC OS hanya menggunakan nama-nama kucing besar.

Yosemite (Mac OS X 10.10)
MAC OS X yang ke-sebelas, OS ini dirilis kepada konsumen pada 16 Oktober 2014. Yosemite memperkenalkan sebuah pembaruan pada user interface OS X. Grafis skeuomorphism diganti menjadi desain grafis datar dan efek tembus kabur. Yang mengikuti keluarga iOS 7, dan juga perubahan beberapa icon yang mengikuti perkembangan iOS 7 dan iOS 8. Selain perubahan desain ikon, yosemite juga merubah pencahayaan dan skema warna gelap. Untuk font Lucida Grande diganti menjadi Helvetica Neue sebagai default nya. Nama yosemite ini diambil dari sebuah nama taman nasional.

El Capitan (Mac OS X 10.11)
El Capitan akan dirilis untuk konsumen Apple pada akhir tahun 2015 ini. Nama El Capitan merupakan sebuah nama formasi bebatuan yang ada pada taman nasional Yosemite. Ini adalah penerus OS X Yosemite dan difokuskan pada peningkatan kinerja, stabilitas dan keamanan.

macOS Sierra
Pada tanggal 20 September 2016, apple merilis macOS Sierra, update system operasi versi terbaru untuk computer Mac. Apple menggunakan nama Mac OS X untuk sistem operasi komputernya sejak tahun 2001. Tahun ini, nama itu berubah menjadi macOS. Hal ini terjadi untuk menyelaraskan nama dari berbagai sistem operasi dari Apple. Jadi, sekarang Apple memiliki sistem operasi: iOS, watchOS, tvOS, dan macOS.

Apple masih meneruskan menggunakan penamaan seri berdasar pegunungan di California. Nama macOS Sierra diambil berdasar pegunungan Sierra Nevada yang terhampar dari California sampai Nevada. Secara numerik, versi macOS Sierra adalah 10.12. Selain itu, Apple secara resmi juga mengumumkan beberapa fitur baru dari system operas macOS Sierra ini, yaitu:

1. Auto Unlock di Apple Watch
2. iCloud Drive Semakin Lengkap
3. Asisten Pribadi Pada Apple (Siri)
4. Apple Pay
5. Fitur Photos and Memories Serta Pencarian Cerdas

Post a Comment

0 Comments