Advertisement

Belajar VoIP: Pengertian, Protocol, Kelebihan & Kekurangan



VOIP (Voice Over Internet Protocol) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video, dan data berbentuk paket melalui jaringan IP. Dalam komunikasi VOIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal berupa PC atau telepon. Terminal akan berkomunikasi dengan gateway melalui telefoni lokal.

"Voice over IP adalah teknologi digitalisasi suara, memadatkannya, memecahnya menjadi
paket data, dan mengirimkannya melalui jaringan IP (protokol internet) di mana ia berada
dipasang kembali, dikompresi, dan diubah kembali menjadi bentuk gelombang analog .. "
transmisi suara melalui jaringan packet switched dengan cara ini adalah lebih efisien daripada transmisi suara melalui sirkuit yang diaktifkan jaringan.

VoIP juga menghemat bandwidth dengan hanya mengirim data percakapan dan tidak mengirim periode Silence. Ini adalah penghematan yang cukup besar karena umumnya hanya satu orang berbicara pada satu waktu sementara yang lain mendengarkan. Dengan menghapus paket VoIP mengandung Silence dari lalu lintas VoIP keseluruhan kita bisa mencapai penghematan hingga 50%. Di sebuah jaringan circuit switched, satu panggilan mengkonsumsi seluruh rangkaian. Sirkuit itu hanya bisa dibawa satu panggilan sekaligus.

Dalam jaringan packet switched, data digital dipotong menjadi paket, dikirim melintasi Internet jaringan, dan dipasang kembali di tempat tujuan. Jenis sirkuit ini dapat menampung banyak transmisi pada saat yang sama karena setiap paket hanya memakan bandwidth yang dibutuhkan .. Internet Telephony hanya mengambil keuntungan dari efisiensi paket jaringan yang diaktifkan.

Gateway adalah komponen utama yang diperlukan untuk memfasilitasi IP Telephony. Gateway digunakan untuk menjembatani sirkuit tradisional yang beralih PSTN dengan paket yang beralih Internet.

Baca Juga: Mengenal Virtual Box dan Cara Menggunakannya

Protocol VoIP
Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka. Contoh protokol jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:

H.323
Media Gateway Control Protocol (MGCP)
Session Initiation Protocol (SIP)
Real-time Transport Protocol (RTP)
Session Description Protocol (SDP)
Inter-Asterisk eXchange (IAX)
Protokol H.323 adalah salah satu dari Protokol VoIP yang penerapannya ditemukan secara luas untuk lalulintas jarak jauh, seperti layanan Jaringan Area Lokal (LAN). Namun, karena perkembangan baru, protokol yang lebih kompleks seperti MGCP dan SIP, H.323 penyebaran semakin terbatas untuk membawa jarak jauh yang ada lalu lintas jaringan. Secara khusus, Session Initiation Protocol (SIP) telah mendapatkan penetrasi pasar luas VoIP.

Sebuah implementasi milik penting adalah protokol Skype, yang sebagian didasarkan pada prinsip-prinsip peer-to-peer (P2P) jaringan.

Kelebihan menggunakan VoIP:
1. Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.

2. Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa

3. Kualitas Suara Jernih dan Tinggi

4. Skalabilitas
Layanan telepon Internet benar-benar terukur. Jika bisnis Anda berkembang maka Anda dapat membuat nomor yang berbeda untuk karyawan Anda. Dan semua komunikasi internal dalam kantor yang benar-benar bebas biaya.

5. Mudah dikelola
Kita dapat dengan mudah mengelola layanan internet VoIP dan memelihara catatan sangat mudah. Semua catatan panggilan dikelola di komputer. Jadi tidak ada masalah Anda sambil mengelola dan memelihara catatan.

Kekurangan Menggunakan Voip:
1. Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).

2. Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.

3. Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.

4. Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat / stuck.

5. Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VOIP melewati Internet.

6. Peralatan relatif mahal.

Post a Comment

0 Comments