Advertisement

Mengenal Sistem Operasi FreeBSD



Assalamu'alaikum

Sistem Operasi FreeBSD udah pada tau belum?
kalo belum tau boleh ni disimak artikelnya :

Pertama-tama kita mulai dari Sejarah OS FreeBSD

FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIXAT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan softwareyang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel. FreeBSD merupakan sistem operasi open source yang tangguh untuk keamanan jaringan maupun server.secara singkat pada tahun 1973 AT&T (American Telephone &Telegraph) membuat sebuah ide kreatif dengan berlandaskan source code UNIX tapi tidak diterima karena alasan bisnis, padahal AT&T perlu banyak komputer atau device untuk men-support mereka. , akhirnya tanpa pikir panjang AT&T menjual lisensi software ke universitas dengan harga yang murah.

FreeBSD mendukung multitasking. Setiap tasking atau thread dari eksekusi disebut proses. Susunan dari sebuah proses FreeBSD terdiri dari bagian leveluser, termasuk segala isi dari ruang pengalamatan dan run-time environment, dan bagian level kernel, dimana terdapat parameter - parameter penjadwalan, pengendalian sumber proses, dan informasi menciptakan berbagai proses, mengendalikan eksekusi berbagai proses, dan menerima notifikasi pada saat status eksekusi prose mengalami perubahan. Setiap proses diberikan sebuah nilai unik, dengan istilah "Proses Identifier" (PID). Nilai ini dipergunakan oleh kernel untuk mengenali sebuah proses pada saat melaporkanstatus perubahan pada Pengguna dan digunakan oleh suatu pengguna pada saat mereferensikan sebuah proses dalam sebuah sistem.Sebagai implementasi kelengkapan sebuah distribusi, terdapat sebuah aturan dalammemfasilitasi installasi sebuah software kedalam distribusi BSD. Banyak software yang secara tipikal berkaitan erat dengan system Linux, namun ternyata tidak spesifik dibuat khusus untuk Linux, dapat dibangun pada system UNIX apapun, termasuk BSD.

Baca Juga: Belajar Sistem Operasi Macintosh

System Requirement
minimum :
1. Processor 486-DX2.
2. HDD 500 MB.
3. VGA Card.
4. RAM 8 Mb.
Recomended:
1. Processor AMD Athlon ™ 64, AMD Opteron ™, multi-core Intel ® Xeon ™, dan Intel ® Inti ™ 2 dan prosesor diatasnya.
2. HDD 1 GB.
3. VGA Card.
4. RAM 16Mb.

Fitur-Fitur yang ada pada OS FreeBSD:
1. TCP / IP jaringan dengan dukungan untuk standar industri seperti SCTP , DHCP , NFS , NIS , PPP , SLIP , IPsec , dan IPv6 . Ini berarti bahwa mesin FreeBSD dapat dengan mudah beroperasi dengan sistem lain serta bertindak sebagai server perusahaan, menyediakan fungsi- fungsi vital seperti NFS ( akses file jarak jauh ) dan layanan email atau menempatkan organisasi di Internet dengan WWW, FTP, routing dan firewall.

2. Preemptive multitasking dengan penyesuaian prioritas dinamis untuk memastikan pembagian halus dan wajar komputer antara aplikasi dan pengguna , bahkan di bawah beban terberat.

3. Fasilitas multi- user yang memungkinkan banyak orang untuk menggunakan sistem FreeBSD secara simultan untuk berbagai hal.

4. Kompatibilitas biner dengan banyak program dibangun untuk Linux , SCO , SVR4 ,BSDI dan NetBSD.

5. Standar industri X Window System ( X11R7 ) dapat menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI) pada setiap mesin dan dilengkapi dengan sumber penuh.

Kelebihan Dan Kekurangan OS FreeBSD
Kelebihan :
1. Bersifat OpenSource atau Gratis.
2. Multiuser
3. Mendukung Multitasking
4. Virus/Spyware yang menyerang sedikit.
5. Banyak terserdia aplikasi dan program gratis.
6. Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudahan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi. Para user cukupmengeksekusi satu baris perintah dan aplikasi-aplikasi dengan sendirinya di-download,dicek integritasnya, di-build, dan diinstall secara otomatis. Tugas-tugas administrasisistem menjadi sangat praktis dan mudah.
7. Sistem stabil untuk database, server internet, intranet, fill-server, intranet client, pengembangan java.,FreeBSD dpt berjalan lebih cepat dari Linux dalam beberapa bagian misal sbg server NFS,Termasuk s. operasi yg hemat karena versi gratisnya.

Kekurangannya:
1. Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command.
2. Dibandingkan Windows, GUI pada FreeBSD masih kurang.
3. Bagi para gamers, game system operasi ini sangat sedikit.
4. Tidak mendukung ISA-plug-and-ply-card.

Versi OS FreeBSD:
1. FreeBSD 1.0
2. FreeBSD 2.0
3. FreeBSD 3.0
4. FreeBSD 4.0
5. FreeBSD 5.0
6. FreeBSD 6.0
7. FreeBSD 7.0
8. FreeBSD 8.0
9. FreeBSD 9.0
10. FreeBSD 10.0

Kesimpulan:
FreeBSD adalah sistem operasi tingkat lanjut yang kompatibel untuk x86 (termasukPentium and Athlon), amd64 (termasuk Opteron, Athlon64, and EM64T), ARM, IA-64,PowerPC, PC-98 dan UltraSPARC® architectures. Free BSD dikembangkan dari BSD, versidari UNIX® yang dikembangkan di the University of California, Berkeley.

Segitu saja dari saya jika ada kekurangan tolong tulis dikolom komentar, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments