Advertisement

2020 Samsung Akan Pakai Processor MediaTek


Selama beberapa tahun, Samsung selalu menggunakan prosesor buatan Qualcomm yaitu Snapdragon ataupun Exynos di perangkat smartphone buatannya. Namun tampaknya sebentar lagi hal tersebut akan berubah.

Baru-baru ini terdapat sebuah laporan yang menyebutkan bahwa Samsung di tahun 2020 mendatang sudah mulai menggunakan prosesor buatan MediaTek di smartphone miliknya. Jadi akan ada tiga jenis prosesor yang digunakan oleh Samsung.

Wccftech (10/12/2019) mengatakan, Samsung dilaporkan akan menggunakan Dimensity 1000 yang didasarkan pada simpul manufaktur 7nm. Chipset tersebut Ini mendukung dua agregasi operator (2CC CA) dan dilaporkan dapat mencapai kecepatan downlink hingga 4,7Gbps dan kecepatan uplink 2,5Gbps melalui jaringan sub-6GHz.

Chipset ini juga akan mendukung jaringan sub-6GHz mandiri dan non-mandiri (SA/NSA). Di atas kertas, prosesor ini jauh lebih kuat daripada prosesor mid-range buatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut, yakni Exynos 5100.

Selain itu karena dijual dengan harga yang cukup terjangkau, Samsung dapat menghadirkan smartphone 5G dengan harga yang lebih murah sehingga akan lebih banyak konsumen yang tertarik untuk membelinya.

Selain Samsung, Huawei juga disebut sudah dapat memproduksi chipset 5G mereka sendiri. Sedangkan untuk OEM lain, sebagian besar dari mereka masih mengandalkan pihak ketiga seperti Qualcomm dan MediaTek untuk menghadirkan smartphone dengan jaringan 5G.

Berdasarkan kabar yang beredar, diketahui bahwa smartphone yang akan menggunakan chipset tersebut adalah Galaxy A51 yang dijadwalkan akan rilis pada pertengahan tahun 2020 mendatang.

Post a Comment

0 Comments