Advertisement

Perbedaan Mainframe dan SuperKomputer


PENGERTIAN MAINFRAME


Mainframe adalah  komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya.

Mainframe memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan mainframe. Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan.

Pada tahun 1960an, Mainframe tidak memiliki fitur interaktif. Pengguna harus menggunakan kartu magnetik dan menjalankan proses akhir hari secara manual dengan mengetikkan instruksi satu per satu. Di awal 1970 mainframe mulai memiliki interface yang interaktif dan memudahkan pengguna. Pada masa ini pula pengguna mainframe tetap dapat melakukan akses pada saat proses akhir hari berjalan. Pengguna melakukan akses ke mainframe melalui terminal khusus. Baru beberapa puluh tahun belakangan ini pengguna dapat mengakses mainframe melalui komputer personal dengan menggunakan emulator sebagai perantara.

 Ciri-ciri Mainframe Computer :
• Memiliki processor lebih dari satu, sehingga memiliki kecepatan proses jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer
• Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik;
• Dapat mengakses pada satu komputer ada saat yang bersamaan, dikenal dengan timesharing.

• Contoh Mainframe Computer :
o IBM System/360,
o IBMSystem(ESA)/390,
o Honeywell-Bull DPS 7.
o Cray-1 dari Cray Research

Kelebihan dan Kekurangan Mainframe Computer :
Kita pasti sudah mendengar dengan namanya Mainframe Computer. Komputer ini juga sering dijuluki sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang sangat besar. Komputer ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

Kelebihan:
Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user).
Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.
Menggunakan teknologi time sharring.
Kecepatan kerja processornya hingga 1 GOPS (Giga Operations Per Second)

Kekurangan:
Karena ukurannya sangat besar, maka diperlukan ruangan yang sangat besar untuk menyimpannya.
Harganya sangat mahal.
Interface dengan pengguna masih menggunakan teks.
Kerjanya sangat lama.
Membutuhkan daya listrik yang sangat besar

Baca Juga: 2020 Windows 7 akan ada pop up

PENGERTIAN SUPER KOMPUTER




Super Komputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan perhitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960, didesain oleh Seymour Cray di Control DataCorporation (CDC). Seymour Cray sendiri memimpin pasaran pada tahun 1970 sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaannya sendiri, Cray Research.

Dia Kemudian memegang pasar superkomputer dengan desainnya sendiri dan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Setelah itu mulai banyak perusahaan yang membuat superkomputer dengan desain sendiri. Superkomputer digunakan untuk tugas perhitungan intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjatanuklir dan riset fusi nuklir), analisikrip,dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama super komputer.

Superkomputer biasanya unggul dalam kecepatan dari komputer biasa dengan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk perhitungan tertentu, biasanya penghitungan angka,dan dalam tugas umum tidak bagus hasilnya. Hirarki Memorinya di desain hati-hati untuk mempastikan prosesornya tetap mnerima data dan instruksi setiap saat dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di memori dan komponennya. Sistem I/O nya juga di desain untuk mendukung bandwidth yang tinggi.

PERBANDINGAN MAINFRAME DAN SUPER KOMPUTER
• Superkomputer adalah dioptimumkan untuk pengiraan rumit yang berlaku sebahagian besar di dalam memori. Peramalancuaca sesuai untuk supercomputer.

• Mainframe yang dioptimalkan untuk pengiraan relatif sederhana yang melibatkan jumlah data yang besar luaran. insurans perniagaan atau aplikasi pemprosesanpenggajiansesuai untuk mainframe.

• Supercomputer sering tujuan-dibina untuk satu atau beberapa tugas yang sangat khusus institusi (contohnya simulasi dan pemodelan). Mainframe biasanya menanganipelbagai tugas yang lebih luas (misalnya pemprosesan data, pergudangan). Akibatnya,superkomputer yang paling bisa desain satu-off, sedangkan mainframe biasanyamerupakan sebahagian daripada barisan model standard pengilang.

• Mainframe, cenderung mempunyai banyak prosesor perkhidmatan tambahanmembantu prosesor utama mereka pusat (untuk sokongan kriptografi, I / O pengendalian,monitoring, memori pengendalian, dll) sehingga “jumlah prosesor” sebenarnya jauh lebihtinggi daripada yang akan menjadi jelas. desain Supercomputer cenderung untuk tidak menyertakan sebagai prosesor banyak perkhidmatan kerana mereka tidak lumayanmenambah kekuatan nombor-nombor mentah. Perbezaan ini mungkin kabur dari masa kemasa sebagai kendala Hukum Moore menggalakkan pakar lebih dalam komponenpelayan.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_bingkai_utama
http://id.wikipedia.org/wiki/Superkomputer/

Baca Juga: Apple Mac Pro dijual seharga Rp730 jutaan!

Post a Comment

0 Comments