Advertisement

Perkembangan Smartphone serta Dampaknya


Latar Belakang
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia.

Komunikasi adalah pengiriman suatu pesan berupa simbol dari komunikator kepada komunikannya melalui sebuah medium untuk mendapatkan kesan dan adanya timbal balik.

Jadi teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras, organisasi, struktur dan nilai-nilai sosial yang digunakan individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lainnya.

Apa itu smartphone?
Ponsel cerdas (bahasa Inggris: smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Bagi beberapa orang, ponsel cerdas merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. 

Bagi yang lainnya, ponsel cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, ponsel cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.

Bagaimanakah perkembangan smartphone saat ini?
Menurut riset yang telah dikaji data mengenai persentase jumlah perangkat Android yang mengakses Google Play baru-baru ini, dan menjalankan platform Android versi tertentu hingga tanggal 9 September 2014. Android 4.1/4.2/4.3 Jelly Bean adalah versi Android yang paling banyak digunakan, yakni sekitar 53,7% dari keseluruhan perangkat Android di seluruh dunia.


Bagaimana dampak smartphone pada bidang bidang informasi dan komunikasi?

Dampak positifnya antara lain:
1. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet di smartphone.
2. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone/smartphone.
3. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah hanya dengan menggunakan teknologi smartphone.
4.  Menambah wawasan pengetahuan pelajar karena mudahnya mencari informasi.

Dampak negatif antara lain:
1. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
2. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
3. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
Kecemasan teknologi.
4. Mengganggu kesehatan penggunanya, terutama kesehatan mata
5. Menbuat penggunanya kecanduan sosmed (social media), game, serta aplikasi-alikasi lainnya
6. Membuat boros, karena penggunaan smartphone yang tidak lepas dari internet menyebabkan pemakaian pulsa berlebih
7. Memungkinkan pelajar untuk mengakses hal-hal yang tidak seharusnya diakses seperti video porno.

Contoh Kasus:
Smartphone Juga Nggak Bikin Anak Anda Pintar, Lho!

Meskipun banyak aplikasi di smartphone atau ponsel pintar yang memudahkan si kecil belajar, tapi ternyata sebuah penelitian malah menyebutkan bahwa smartphone sama sekali tidak bisa membuat si kecil cerdas.Seperti dikutip dalam laman Idiva, Jumat ( 10/1/2014) smartphone tidak bisa membuat bayi cerdas karena aplikasi di smarthphone memang ditujukan bukan dibuat untuk mendidik tapi menghibur."Masalahnya segala sesuatu yang kita tahu tentang penelitian otak dan perkembangan anak menunjukkan bahwa smartphone adalah cara yang sangat efektif untuk mengajar bahasa, bermain aktif, kreatif dan berinterasi," kata pemimpin studi, Susan Linn.The American Academy of Pediatrics bahkan melarang setiap smartphone dikenalkan untuk bayi dan balita di bawah 2 tahun.

Sekalipun anak sudah mengenalnya, orangtua harus membatasi penggunaannya satu sampai dua jam sehari. "Mengingat bahwa tidak ada bukti bahwa aplikasi mobile menguntungkan dan beberapa bukti bahwa hal itu sebenarnya bisa berbahaya, itu memprihatinkan," kata Linn.Tak hanya itu, direktur senior untuk penelitian anak-Fisher-Price apps, Kathleen Alfano mengatakan smartphone tidak bisa mengembangkan anak usia dini untuk membuat mainan yang sesuai untuk anak-anak cara bermain

Semoga Bermanfaat

Post a Comment

0 Comments