Advertisement

Secara Mendadak LG Patenkan Desain Layar Lipatnya


Saat ini banyak vendor smartphone yang sudah bersiap-siap untuk meluncurkan smartphone lipat miliknya. Diketahui bahwa vendor seperti Samsung, Huawei, dan Motorola sudah mengambil langkah pertama dalam penjualan smartphone lipat tersebut.

Diketahui bahwa baru-baru ini LG Electronics telah mendaftarkan paten smartphone lipat barunya ke Den Haag International Design System. Terlihat bahwa paten tersebut memiliki konsep yang mirip dengan smartphone lipat Huawei Mate X.

LG mematenkan smartphone dengan 3 layar, dengan 2 layar bisa dilipat. Laman GSMArena, 11 Agustus 2019, menyebutkan paten tersebut dimuat dalam dokumen "Z-Fold Type Foldable Smartphone" yang diterbitkan di database World Intellectual Property Office (WIPO).

Dokumen berisi sketsa ponsel 3 layar. Gambar ponsel memiliki tampilan yang bisa dilipat ke dalam dan satu layar lagi terpisah oleh sebuah engsel.

Dua segmen terluar terlipat di bagian tengah, menempatkan layar terpisah di bagian depan perangkat saat terlipat. Fitur khas smartphone kamera utama di bagian belakang, tombol daya dan speaker di bagian bawah.

Smartphone layar lipat saat ini mungkin masih terlalu tergesa-gesa, berdasarkan pengalaman Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X. Meski begitu, teknologinya tetap dikembangkan dan sebagian besar masalahnya adalah waktu dan perbaikannya.

Sebenarnya  LG pada awal 2014 dan bahkan 2013 menjadi ujung tombak revolusi layar lipat. Mereka saat itu sudah mematenkan desain ponsel layar lipat dan ada rumor mereka akan memasok OLED fleksibel untuk iPhone 2020. LG juga mempunyai produk televisi yang layarnya bisa digulung.

Desain smartphone LG terbaru ini tampaknya tidak akan terwujud dalam waktu dekat, hal ini terlihat dari desain dual-display LG yang jauh lebih sederhana saat pameran IFA 2019.

Selain itu, LG Electronics diketahui akan membekali smartphone lipatnya tersebut dengan stylus. Hal tersebut yang membuat smartphone lipat ini berbeda dengan yang lain.

Namun belum diketahui kapan smartphone lipat tersebut akan segera diproduksi oleh LG. Ada kemungkinan bahwa LG juga hanya ingin sekedar mendaftarkan paten desain miliknya saja agar tidak diambil nantinya oleh vendor smartphone lain.

Post a Comment

0 Comments