Advertisement

AirDrop Hasil Kerja Sama Antara Xiaomi, Oppo Dan Vivo Untuk Bersaing dengan Apple


Tiga perusahaan teknologi terkenal asal Tiongkok yaitu Xiaomi, Vivo, dan juga Oppo mengumumkan kerja sama mereka untuk mengembangkan sebuah fitur file sharing baru yang akan menjadi pesaing AirDrop milik Apple.

Baru saja pihak Vivo kembali mengumumkan bahwa fitur tersebut akan tersedia pada bulan Februari 2020 mendatang dan dapat dicoba oleh pengguna smartphone Vivo, Oppo, dan juga Xiaomi yang mendukung fitur tersebut nantinya.

Fitur file sharing tersebut diketahui dikembangkan menggunakan sistem transfer protokol peer-to-peer dan dapat bekerja hanya dengan satu kali sentuh saja. Nantinya fitur tersebut akan disematkan di sistem operasi ColorOS, MIUI, dan JoviOS ketika dirilis nanti.

Dibutuhkan waktu hampir empat bulan bagi Xiaomi, Oppo, dan Vivo untuk menggarap fitur tersebut. Namun mereka percaya bahwa fitur yang mereka kembangkan ini akan menjadi pesaing dari AirDrop yang saat ini terkenal sebagai file sharing tercepat.

Sistem file sharing besutan Oppo, Vivo dan Xiaomi ini mampu mentransfer berbagai format file seperti video, audio, foto, dan dokumen. Proses transfer diklaim sangat cepat hingga 20MB per detik.

Selain itu pihak Xiaomi, Vivo, dan Oppo juga memberikan kesempatan kepada vendor Android lain yang ingin sama-sama mengembangkan fitur tersebut agar bisa lebih berkembang dan lebih bagus.

Android sebenarnya juga memiliki fitur transfer data bernama Android Beam. Namun, fitur ini melekat pada NFC yang ketersediaannya terbatas dan belum tentu ada di ponsel.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Pemadaman Listrik

Kabarnya, Google akan menghapus fitur Android Beam pada Android Q nanti. Sebagai pengganti, Google menyiapkan fitur baru "Fast Share" yang kemungkinan memakai bluetooth dan WiFi direct.

Fast Share bisa digunakan untuk mengirim beberapa jenis file, termasuk foto dan URL ke perangkat terdekat tanpa koneksi internet, dengan menggunakan sistem share sheet.

Kembali ke transfer data Xiaomi, Vivo, dan Oppo, fitur ini kabarnya baru akan rilis dalam format beta akhir Agustus mendatang, seperti dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Selasa (20/8/2019).

Post a Comment

0 Comments