Advertisement

Jakarta Dilanda Banjir Hingga Sinyal Pun Terpengaruhi

Suasana pergantian tahun 2020 diawali dengan hujan lebat sejak Selasa (31/12/2019) sore yang berujung pada banjir di sejumlah wilayah Jakarta dan kota sekitarnya.

Tagar # Banjir pun menjadi trending di jagar Twitter wilayah Indonesia. Sebagian warganet yang berdomisili di Jakarta ikut mengeluhkan bahwa layanan operator-operator seluler mengalami hambatan.

Jenis gangguan yang dilaporkan mulai dari kecepatan internet yang lambat hingga sinyal yang menghilang sama sekali. Sebenarnya gangguan pada sinyal tersebut dipengaruhi oleh cuaca.

cuaca dapat mempengaruhi kualitas sinyal ponsel. Mungkin Anda sering mendapati bahwa sinyal ponsel Anda mulai terganggu saat hujan datang. Selain itu perubahan musim dari musim dingin ke musim semi juga mampu mempengaruhi sinyal ponsel.

Dilansir dari laman Weboost, Rabu (1/1/2020) alasan mengapa kondisi cuaca mempengaruhi penerimaan sinyal ponsel, lantaran cuaca mampu mempengaruhi sinyal radio terestrial. Seperti diketahui, lalu lintas jaringan seluler dilakukan pada gelombang radio.

Penyebab atmosfer terbesar adala uap air. Air mampu menghambat gelombang radio pada frekuensi yang digunakan oleh jaringan seluler. Dalam artian hujan, salju, kabut, awan, bahkan hari yang cerah dengan kelembaban tinggi dapat menyebabkan penerimaan sinyal menurun.

Impedansi sinyal ini terjadi karena air menghantarkan listrik, yang memungkinkan uap air di atmosfer memantulkan atau membiaskan gelombang radio.

Banjir memang menyebabkan masalah pasokan listrik di Jakarta, yang antara lain berujung pada hambatan menara pemancar sinyal (BTS) operator seluler tadi.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun melakukan pemadaman sementara aliran listrik di wilayah yang terdampak banjir demi keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya arus listrik. Hingga pukul 09.30 WIB tadi pagi, PLN telah memadamkan listrik di 724 wilayah Jakarta yang mengalami banjir, termasuk di daerah Daan Mogot, Ciledug, Pasar Baru, Jatibening, hingga Kemang.

Jadi seharusnya kita sadar bahwa kita perlu menjaga alam dibumi nusantara ini agar musibah banjir ini tidak akan terulang setiap tahunnya.

Post a Comment

0 Comments