Advertisement

Tutorial Backup, Import & Eksport Pada MikroTik

Apa Fungsi Backup Konfigurasi?
Backup Konfiguasi berguna ketika router kita tiba tiba eror kita hanya meng-Upload konfigurasi Router yang telah kita backup jadi kita tidak perlu men-Setting ulang RouterBoard kita Lalu Apa
perbedaan Backup dan Export Konfigurasi ? Jika Mem-Backup Konfigurasi artinya kita mem-Backup semua Konfigurasi yang ada di RouterBoard dan formatnya backup dan hasil backup tidak bisa di buka notepad dan tidak bisa di edit,berbeda dengan Export, kalau kita ingin meng-Export konfigurasi kita hanya bisa menggunakan CLI/Terminal dan format hasil Export adalah .rsc dan file hasil backup bisa di lihat dan di edit di notepad dan salah satu keuggulan Export adalah bisa menyimpan konfigurasi Per-Fitur yang ingin di Export (Tidak semua Konfigurasi di Export) contoh kita bisa meng-Export Konfigurasi Wireless/Firewall dll Dan yang terakhir adalah Import. Import adalah kita memasukan Konfigurasi yang telah kita Backup/Export ke dalam Router.

cara Backup seluruh Konfigurasi Router:
- Klik Menu File lalu Klik Backup
- Lalu Kita isikan Name dan password sesuai keinginan kita
Jika Sudah Maka File Konfigurasi Akan ada di File List
Setelah Step ini kita bisa mengambil hasil backup tersebut untuk di simpan di Pc kita,ada dua cara Untuk mengambil hasil Backup nya..Car pertama adalah cara Drag And Drop dan cara kedua Adalah Dengn Menggunakan Protocol FTP Pertama saya akan menjelaskan Cara mengambil konfigurasi dengan cara Drag And Drop
Cara ini adalah cara paling mudah untuk meng-Copy hasil backup ke PC kita.
- Kita pilih File Backup yang ingin Di-Copy
- Lalu kita Drag And Drop ke folder
Lalu kita hanya tinggal menunggu saja sampai proses Drag and Drop nya selesai. 
Cara ke dua untuk mengambil Konfigurasi dari RouterBoard adalah menggunakan FTP.

Apa Itu FTP? 
FTP adalah File Transfer Protocol yang Berfungsi untuk transfer File Dari Komputer Ke Device yang lain,FTP Menggunakan Protocol TCP Port 20,ditutorial ini Router akan di fungsikan sebagai FTP server dan Pc kita Sebagai FTP Client jadi intinya FTP client meminta data Hasil Konfigurasi yang ada di FTP Server (RouterBoard),Cara Menggunakan Protocol FTP untuk mengambil Konfigurasi dari Router adalah FTP client cukup membuka Web Browser dan memasukan ftp://(ip-router) lalu klik enter.

- Masuk Web Browser dan Masukan ftp://192.168.97.1 (Ip router/Gateway)
di URL

 Lalu di kita Klik hasil backup nya maka akan Otomatis Ter-Download dan Kita hanya perlu mencari hasil download tersebut.
Selanjutnya saya menjelaskan cara Meng-Export konfigurasi,Export hanya bisa di lalukan lewat CLI (terminal,SSH/Telnet) oke di lab ini saya akan mencoba meng-Export seluruh konfigurasi dan Meng-Export konfigurasi Per-Fitur (Routing).

Pertama saya akan mencoba meng-Export seluruh Konfigurasi.
- Masukan Perintah “Export File: (Nama-Hasil-Konfigurasi)”
- Lalu Enter
Lalu di menu File List akan keluar Hasil Export seluruh konfigurasi kita
Selanjutnya saya Meng-Export Konfigurasi Per-Fitur (routing).
- Masukan perintah “Routing” lalu Enter Setelah kita masuk Ke menu Routing melalui CLI perintah selanjutnya
- Masukan Perintah “Export File: (Nama-Hasil-Konfigurasi)” lalu akan muncul di File list hasil Export Konfigurasi Per-Fitur tersebut
Setelah kita men-Export seluruh Konfigurasi dan meng-Export konfigurasi Per-Fitur selanjutnya kita perlu memindahkan File tersebut ke PC kita ,ada dua cara untuk memindahkan Hasil Export ke PC kita,cara pertama adalah cara Copy paste dan cara kedua dgn cara Drag and Drop.

Pertama saya akan menggunakan cara Copy paste
- Kita pilih File yang ingin di Copy di File List Lalu klik Icon Copy
- Selanjutnya kita hanya perlu mem-Paste di File yang diinginkan
Itu adalah cara memindahkan hasil Export ke PC dengan cara Copy Paste ,selanjutnya saya akan Menggunakan cara ke dua yaitu Drag And Drop,cara nya sama seperti memindahkan Backup dengan cara Drag And Drop.
- Pilih File yang ingin di pindahkan
- Lalu Drag And Drop Ke File yang Diinginkan
Selanjutnya saya Menjelaskan Tentang Import Konfigurasi ,Import Konfigurasi Berguna Untuk Memasukan File Konfigurasi dari PC (External) ke Router , cara untuk Men-Import Konfigurasi adalah dengan cara Upload.
Oke langsung saja kita Upload file Konfigurasi ,cara upload Konfigurasi sama seperti Meng-Upgrade Package bedanya file yang di upload adalah Hasil Konfigurasi Bukan File Package
- Klik Upload di Menu File List
- Lalu Kita pilih hasil Konfigurasi yang ada di File

Post a Comment

0 Comments