Advertisement

Pengertian Access Point Serta Kelebihan Dan Kekuranganya

Pada zaman yang modern ini bisa dibilang akses internet sangat dibutuhkan terutama dikalangan remeja dan bahkan para orang dewasa dengan berbagai macam kepentingan yang berbeda oleh karena itu pemilik bisnis seperti cafe, mall, toko dan yang lainnya biasanya menyediakan akses internet. Salah satu teknologi jaringan agar pengguna dapat terhubung dan menikmati akses internet tersebut adalah access point.

Tapi apakah kalian sendiri tau, Apa itu Access Point?

Pengertian Access point adalah salah satu hardware pada jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan peranti nirkabel dengan jaringan lokal dengan menggunakan teknologi seperti wifi, wireless, bluetooth dan lainnya. Access point sendiri biasanya menggunakan router, hub, atau switch sebagai hardware untuk menghubungkan koneksi atau perangkan nirkabel berbasis LAN yang telah disiapkan oleh administrator.

Fungsi dari Access Point

Secara umum fungsi Access Point sendiri adalah sebagai perantara lalu lintas data dari client (seperti smartphone, laptop, dan lain-lain) dengan jaringan LAN atau local (seperti wifi, wireless, dan lain-lain) yang telah dibuat oleh administrator. Adapun fungsi lainnya sebagai berikut:
1. menggantikan fungsi hub yang menghubungkan jaringan lokal nirkabel dengan jaringan kabel.
2. access point dapat memberikan fitur keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WAP (Wireless Application Protocol)
3. Kelola akses berdasarkan perangkat akses alamat MAC
4. Sebagai penghubung antara jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan nirkabel ( wifi, wireless, bluetooth).
5. Sebagai penyebar sinyal internet melalui gelombang radio kepada perangkat yang terhubung.

Read more: Tutorial Sharing Folder Di Linux Ubuntu

Jenis-Jenis Access Point
1. Access Point Indoor  adalah access point yang biasa digunakan dalam ruangan dan daerah cakupannya tidak terlalu jauh (sempit) biasanya Access Point ini terdapat di cafe,warnet dan lainnya.
2. Access Point Outdoor adalah access point yang berada diluar ruangan dikarenakan daerah cakupannya yang cukup luas Access Point jenis biasanya terdapat diKampus, Gedung,  dan lainnya.
3. Access Point Router  adalah access point yang dapat digunakan seperti Access Point out & in door tetapi Access Point ini kebanyakan digunakan  untuk membuat Server-Client.

Kelebihan sistem Access Point
1. Untuk sistem AP dengan melayani banyak pc tentu lebih mudah pengaturan dan komputer client dapat mengetahui bahwa disuatu ruang ada sebuah hardware atau komputer yang memancarkan signal Access Point untuk masuk ke dalam sebuah network
2. Pengaturannya Mudah.
3. Bila menggunakan hardware khusus, maka tidak diperlukan sebuah pc berjalan 24 jam untuk melayani network
4. Ini keuntungan yang terakhir sistem security pada model Access Point lebih terjamak

Kekurangan Access Point
1. Lemahnya dalam konfigurasi
2. Masih menggunakan jenis enkripsi  WEP (Wired Equivalent Privacy). yang mudah untuk di hack.

Semoga artikel Pengertian Access Point Serta Kelebihan Dan Kekuranganya bisa bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa simak artikel kami yang lainnya

Post a Comment

1 Comments