Tuesday, November 26, 2019

Bedanya Firewall dan Proxy server


firewall merupakan sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi melindungi komputer dari beragam jenis serangan dari komputer luar. Firewall memonitor dan mengontrol semua lalu lintas jaringan masuk dan keluar yang kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan. Secara umum, firewall komputer adalah program perangkat lunak yang mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi.

Tujuan utama dari firewall yaitu untuk menghindar orang yang berwenang untuk membangun koneksiserta memperoleh akses ke jaringan anda. sebaliknya, tujuan utama proxy server yaitu untuk melakukantindakan sebagai relay untuk memfasilitasi jalinan pada dua titik.

Sesungguhnya, proxy server juga dapat berperan sebagai firewall bila diatur sedemikian rupa. proxy server bisa memeriksa paket yang dikirim serta di terima, lantas memblokir atau membolehkan paket bergantung pada aturan yang sudah ditetapkan.

Berkenaan fungsinya, kerap kita tengok firewall sebagai teliti poin pada jaringan lokal serta jaringan publik. jalan raya keluar diperbolehkan sesaat jalan raya masuk yang tidak di idamkan umumnya diblokir. anda juga bisa mendapatkan proxy server di konfigurasi ini. namun, juga sering lihat proxy server yang mempunyai internet di ke-2 segi. ini dimaksud proxy terbuka ( open proxy ).

Cara Kerja Firewall
Ketika komputermu memiliki perlindungan firewall, semua yang masuk dan keluar dari komputer akan dimonitor. Firewall memantau semua lalu lintas informasi untuk memungkinkan ‘data bagus’ masuk, dan memblokir ‘data buruk’ memasuki komputer. Firewall menggunakan satu atau lebih dari tiga metode di bawah ini untuk mengontrol lalu lintas yang mengalir masuk dan keluar dari jaringan:


1. Penyaringan paket. Paket (potongan kecil data) dianalisis terhadap satu set filter. Paket yang lolos melalui filter dikirim ke sistem yang diminta, sementara paket lainnya dibuang.

2. Layanan proxy. Informasi dari Internet diambil oleh firewall dan kemudian dikirim ke sistem yang diminta dan sebaliknya.

3. Inspeksi stateful. Metode lebih baru yang tidak memeriksa konten setiap paket tetapi membandingkan bagian-bagian kunci tertentu dari paket dengan database informasi tepercaya. Informasi dari dalam firewall ke luar dimonitor untuk menentukan karakteristik spesifik, kemudian informasi yang masuk dibandingkan dengan karakteristik ini. Jika perbandingan menghasilkan kecocokan yang masuk akal, informasi tersebut diizinkan masuk. Kalau tidak, dibuang.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi System Software, Programming Software dan Application Software

Cara Kerja Proxy Server
Dari pengertian proxy server di atas kita tahu bahwa proxy server berperan sebagai penghubung komputer dengan internet, maka cara kerja program ini yakni user menggunakan layanan pada server proxy kemudian melakukan permintaan data atau file yang terdapat di internet (public server). Selanjutnya proxy akan meneruskan permintaan tersebut ke internet dengan seolah-olah server tersebutlah yang memintanya.


Jika pengguna sudah mendapatkan permintaannya proxy akan memberi respon kepada user dimana seolah dia yang menjadi public servernya. Pada intinya di sini server proxy dapat menyembunyikan identitas alamat IP seseorang atau perusahaan.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search