Thursday, December 12, 2019

Bagian-Bagian Komputer Dan Fungsinya


A. KOMPUTER UMUM /ALL GENERAL PURPOSE COMPUTERS
Komputer umum adalah komputer yang dapat melakukan banyak jenis pekerjaan yang berbeda.
Sebagai mesin yang dapat diprogram, komputer memiliki dua karakteristik sebagai berikut :
• Merespon terhadap kumpulan perintah tertentu yang dibuat secara baik
• Menjalankan daftar perintah yang diberikan (program)

Komputer memiliki komponen yang dibagi dua bagian besar, yaitu:
• Perangkat Keras (Hardware) : bagian fisik dari komputer Misalnya : Monitor, CPU, Keyboard, dan lain-lain.
• Perangkat Lunak (Software) : program yang berjalan di komputer Misalnya : Sistem Operasi, Applikasi dan lain-lain.

Dalam penggunaan istilah CPU orang sering salah kaprah. CPU sesuai dengan kepanjangannya adalah prosesor tetapi masyarakat umumnya menggunakan kata CPU untuk menggambarkan System Unit yang dibungkus Casing berisi CPU, motherboard, dll. Oleh karena itu pengertian CPU terkadang harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya.

Kebutuhan minimun hardware adalah :
• Memory : untuk menyimpan data atau program, paling tidak, sementara. Contoh : RAM, ROM
• Media Penyimpanan : untuk menyimpan data secara permanen dalam jumlah besar.
Contoh : Disk drive(Hard Disk, Floppy Disk), Tape Drive
• Peralatan Masukan (Input Device) : peralatan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer.
Contoh : Keyboard, Mouse
• Peralatan Keluaran (Output Device) : peralatan untuk menampilkan atau menghasilkan keluaran dari komputer.
Contoh : Monitor, Printer
• Prosesor (CPU/Central Processing Unit) : merupakan ‘jantung’ dari komputer yang memproses semua instruksi.
Contoh : Prosesor Intel, Prosesor AMD
• Papan Induk (Mainboard/Motherboard) : papan sirkuit dimana CPU, Input dan Output Device terpasang yang mensinkronisasikan semuanya. Prosesor yang berbeda membutuhkan motherboard yang berbeda pula. Contoh : Motherboard untuk prosesor Intel berbeda Motherboard untuk presesor AMD.
• Casing / Power Supply : wadah untuk menyusun semua hardware agar tertata rapi. Wadah/casing ini dilengkapi dengan power supply sebagai sumber listrik yang mengubah tegangan AC menjadi DC sesuai kebutuhan setiap hardware.

Kebutuhan minimal software adalah :
• Sistem Operasi

B. KLASIFIKASI KOMPUTER

Komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan konsumsi listrik (walaupun dapat saling tumpang-tindih), yaitu :

• Komputer Mini/Laptop/Notebook
Komputer jinjing/lipat yang ukurannya kecil, monitor-keyboard-cpu menyatu, dapat menggunakan batteray sebagai sumber listrik sehingga dapat dibawa kemana-mana. Termasuk dalam golongan ini adalah Tablet PC, yaitu notebook dengan layar sentuh / touch screen yang memiliki sistem operasi yang berbeda dengan komputer biasa karena menggunakan layar sentuh. Sistem operasi yang umum dipakai adalah Windows XP Tablet PC Edition. Tersedia juga versi Linux dan Mac.

• Netbook
Mirip dengan Notebook, hanya sesuai dengan namanya didesign lebih kepada pengguna yang mobile dan sering berinternet. Netbook tidak dilengkapi dengan DVDRom internal dan layarnya lebih kecil 8”-11”.

• Komputer Pribadi/Personal Computer(PC)
Ciri fisik PC ditandai dengan keleluasaannya dalam mengganti hardware sedangkan dari segi penggunanya adalah masyarakat umum. Karena bentuknya yang besar dan tergantung oleh listrik maka PC tidak dapat dengan mudah untuk dipindahkan (tidak mobile).

PC dapat digolongkan lagi dalam dua kelompok, yaitu :
- PC BuildUp : PC yang dikeluarkan oleh perusahaan komputer tertentu, misalnya Acer, IBM.
- PC Rakitan : PC yang dirakit sendiri oleh perseorangan atau toko komputer.

• Server
Secara fisik mirip dengan PC, hanya casing CPU-nya tetapi memiliki spesifikasi lebih tinggi (lebih tangguh, lebih cepat, lebih besar kapasitasnya). Server pada umumnya diproduksi oleh suatu perusahaan komputer tertentu, misalnya IBM, HP, Dell dan lain-lain, tetapi kadang kala PC digunakan sebagai server dengan alasan biaya.

• Mainframe
Merupakan kumpulan komputer-komputer yang berfungsi untuk melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan dengan jumlah data yang sangat besar.

• Supercomputer
Terdiri dari komputer-komputer mutakhir yang berfokus untuk melakukan perkerjaan tertentu dengan kecepatan yang sangat tinggi.


C. PERALATAN MASUKAN (INPUT DEVICE)



Komputer sebagai alat yang fungsi utamanya adalah memproses data, haruslah mendapat masukan data atau instruksi melalui perangkat tertentu. Peralatan input ini ada yang memerlukan bantuan manusia sepenuhnya dan ada yang hanya membutuhkan sedikit interaksi dengan manusia.

Berikut adalah beberapa contoh peralatan input, yaitu :

- Keyboard
Keyboard pada mula terhubung dengan system unit lewat port Com, kemudian diperbarui dengan PS/2 dan yang terbaru menggunakan USB. Selain koneksi berbentuk kabel, keyboard ada yang terkoneksi dengan gelombang pendek yang disebut wireless keyboard sehingga tidak membutuhkan kabel.

- Mouse
Teknolgi koneksi mouse hampir sama dengan keyboard kecuali pada mulanya mouse terkoneksi lewat port serial. Teknologi selanjutnya sama dengan keyboard. Mouse juga dapat dibedakan berdasarkan teknologi pendeteksi gerakannya menjadi : Mouse dengan track ball dan Mouse Optic (menggunakan cahaya infra merah).

- Stylus
Stylus adalah pena yang didesain khusus untuk menulis/menekan dilayar monitor khusus atau terdapat tipe pena yang terhubung dengan komputer via kabel dan bisa digunakan untuk menggambar/menulis pada kertas dan hasilnya tampil di layar monitor.

- Joystick/Gamepad
Merupakan peralatan input untuk permainan atau simulator.

- Microphone
Bunyi masuk melalui microphone.

- Scanner
Berfungsi untuk menyalin gambar/teks yang diletakkan di atasnya. Hasilnya biasanya berupa gambar di komputer dengan teknologi software terbaru bila input berupa teks maka scanner dapat mengenalinya sebagai tulisan yang dapat dipindahkan ke aplikasi pengolah kata, seperti MS Word.

- Voice Recognation System
Peralatan yang digunakan untuk memasukan perintah lewat suara atau biasanya untuk memeriksa kecocokan suara.

- Sensor
Berupa alat yang memancarkan infra merah, merespon terhadap benda yang melewatinya/melintasi infra merah. Infra merah juga dipakai sebagai sensor pada robot.

- Camera
Menangkap gambar baik berupa foto maupun video sebagai masukan bagi komputer. Aplikasinya pada webcam (untuk chating atau telekonverence) atau CCTV (kamera pengintai/pengawas yang dipasang pada toko, bank, hotel bahkan rumah).

D. PERALATAN KELUARAN (OUTPUT DEVICE)



Peralatan output merupakan kebalikan fungsi dari peralatan input. Peralatan output berfungsi menterjemahkan data yang diolah untuk dapat diketahui oleh user. Berikut adalah beberapa contoh peralatan output, yaitu :

- Monitor
Monitor adalah keluaran yang paling umum dimana user dapat melihat tampilan sesuai dengan perintah yang dimasukkan. Monitor hingga saat ini dibuat dengan dua teknlogi, yaitu CRT dan LCD.

- Printer
Printer merupakan alat cetak output dari komputer. Printer dibedakan menjadi tiga berdasarkan cara mencetak, yaitu : Dot matrix, Inkjet(dan sejenisnya) dan Laser. Koneksi printer ke komputer juga ada dua, yaitu : paralel (lama) dan USB (baru).

- Speaker
Dengan speaker, komputer dapat menghasilkan keluaran berupa bunyi.

- LCD Proyektor
Menghasilkan tampilan seperti monitor hanya saja dipancarkan ke layar atau dinding dengan tampilan lebih besar. Biasanya dipakai untuk presentasi. Teknologi gambar yang digunakan saat ini adalah DLP dan LCD.


E. KOMPUTER UNTUK TUJUAN KHUSUS / SPECIAL PURPOSE COMPUTER 

Selain komputer yang dibuat untuk tujuan/pemakaian umum, ada juga komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu / special purpose computer. Komputer ini dibuat untuk mengerjakan satu tugas tertentu saja.

Contoh komputer untuk tujuan khusus adalah :
Deep Blue, komputer yang khusus untuk memainkan catur
GRAPE-6
5E89

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search