Tuesday, December 24, 2019

Facebook Kini Hapus Autentikasi Menggunakan Nomor Telepon


Facebook sebagai salah satu layanan sosial media terkenal tentu ingin data pribadi para pengguna tidak tersebar ke pihak lain. Hal tersebut dilakukan agar pengguna bisa tetap nyaman menggunakan layanan tersebut tanpa perlu takut datanya bocor ke publik.

Sebagai salah satu upaya untuk menjaga privasi pengguna, Facebook baru-baru ini telah memutuskan untuk berhenti menggunakan nomor telepon untuk keperluan autentikasi dua faktor (two-factor authentication).

Kepada Reuters, pihak Facebook mengatakan bahwa mereka akan berhenti untuk menggunakan nomor telepon pengguna untuk keperluan iklan dan akan memberhentikan fitur yang menyarankan pengguna terhadap orang yang mungkin dikenal oleh pengguna.

"Berdasarkan feedback dari komunitas, kami memperbarui fitur autentikasi dua faktor sehingga kini nomor telepon pengguna tidak akan digunakan lagi untuk menyarankan teman" ucap juru bicara Facebook.

Keputusan tersebut diketahui sudah dipikirkan oleh pihak Facebook sejak perusahaan dinyatakan bersalah oleh FTC (Federal Trade Commission) karena gagal melakukan perlindungan privasi pengguna sehingga harus didenda sebesar USD5 miliar atau setara dengan Rp70 triliun.

Perubahan di atas bisa dikatakan upaya besar yang dilakukan Facebook sejak terungkap kasus penyalahgunaan 87 juta data pribadi penggunanya oleh pihak ketiga, yakni Cambridge Analytica. Selain penyelesaiannya dengan FTC, yang menangani masalah privasi skandal Cambridge Analytica, Facebook harus mematuhi undang-undang privasi baru di seluruh dunia.

Itu termasuk Peraturan Perlindungan Data Umum di Uni Eropa, Undang-Undang Privasi Konsumen California, dan Undang-Undang privasi komprehensif di California yang mulai berlaku awal tahun depan. Karenanya sebelum diperluas secara global pada tahun 2020, Facebook akan mulai memperbaiki penggunaan data autentikasi dua faktornya di Pakistan, Ekuador, Libya, Ethiopia, dan Kamboja minggu ini.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search