Tuesday, December 24, 2019

Sebelum Diblokir Kominfo, IndoXXI Pamit Tutup Layanan 1 januari 2020

Img:Liputan6

Kabar akan dihapus atau ditutupnya situs nonton film online (streaming) gratis IndoXXI oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), rupanya bukan hanya isapan jempol belaka.

Tepat pada 1 Januari 2020 nanti, situs yang menyediakan ratusan bahkan ribuan tayangan, baik itu film, serial hingga anime sudah tidak dapat diakses lagi. Hal tersebut nampak ketika situs tersebut coba diakses.

Bukannya list film yang muncul seperti biasa, melainkan ada informasi penting dan permohonan maaf dari pihak IndoXXI.

"Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film, di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik. Salam INDOXXI," tulis situs tersebut.



Tagar #indoxxi menduduki trending di Twitter. Warganet mencuitkan perasaan sedih atas pengumuman itu.

Kementerian Kominfo sebelumya menegaskan akan memblokir akses ke situs-situs penyedia streaming film ilegal seperti Indoxxi karena masalah pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Kominfo bekerja sama dengan Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengatasi masalah pelanggaran hak cipta pada situs streaming film ilegal tersebut.

Kominfo akan menggandeng divisi keamanan siber kepolisian guna menyelesaikan urusan penegakan hukum dalam kasus ini.

Selain itu, Kementerian Kominfo berencana menggandeng asosiasi yang terkait dengan industri kreatif seperti film dan musik untuk memerangi situs streaming film ilegal.

"Di era digital, kekayaan [hak cipta] harus dilindungi. Kalau enggak, nanti orang malas berkreasi," kata Semuel di sela-sela diskusi "Darurat Perlindungan Data Pribadi di Era Digital 4.0" di Jakarta, Senin (23/12/2019), seperti dikutip Antara.

Indoxxi merupakan layanan streaming ilegal yang menyajikan aneka ragam film, mulai dari nasional hingga luar negeri. Situs ini beberapa kali diblokir tetapi selalu berganti-ganti domain sehingga tetap bisa diakses.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search