Monday, December 23, 2019

Tutorial sharing folder di Linux Ubuntu

Tutorial sharing folder di Linux Ubuntu


Berbagi berkas (bahasa Inggris: File sharing) adalah kegiatan mendistribusikan atau menyediakan akses ke media digital, seperti program komputer, multimedia (audio, gambar, dan video), dokumen-dokumen atau buku elektronik. Praktik distribusi berkas dapat dilakukan dalam beberapa cara. Metode yang umum digunakan adalah penyimpanan, transmisi dan penyebaran termasuk metode manual dengan memanfaatkan media penyimpanan portabel, server pada jaringan komputer, World Wide Web berbasis dokumen hyperlink, dan penggunaan jaringan peer-to-peer.

Jenis ini didasarkan pada teknologi peer-to-peer (P2P). Penyebaran berkas pada komputer lain bisa menggunakan menggunakan indeks pada direktori server. Teknologi P2P digunakan oleh layanan populer seperti Napster, Spotify, dan Infinit. Salah satu protokol yang paling populer untuk berbagi P2P adalah BitTorrent.

Sinkronisasi berkas dan layanan berbagi
Aplikasi berbasis komputasi awan untuk sinkronisasi berkas menggunakan sistem yang bisa melakukan transfer berkas secara otomatis. Berkas yang ditempatkan dalam folder ini juga biasanya dapat diakses melalui situs web dan aplikasi ponsel, serta pengguna lain memungkinkan untuk mengakses berkas tersebut. Beberapa layanan yang menggunakan jenis ini adalah Dropbox dan Google Drive.
Source:Wikipedia

Langkah-Langkahnya:
1. Buka Home atau file manager/browser di Ubuntu.


2. Klik mouse kanan pada folder itu. Lalu pilih Sharing Options.


3. Jika belum pernah menginstal program atau paket samba, maka akan diminta instal paket samba. Klik Install Service.


4. Akan diminta pula Instal paket lain yang dibutuhkan samba. Klik Install.


5. Tunggu beberapa menit hingga semua paket selesai diinstal. Jika gagal, cek koneksi internet atau setting Repository-nya (Software Sources).

Baca Juga: Langkah-Langkah Sharing Folder Di Windows

6. Jika berhasil, kembali ke folder yang disharing, ada pilihan Allow others to create and delete files in this folder, artinya bisa read dan write. Jika tidak dipilih, hanya bisa read atau mengcopy. Gest access artinya orang yang tidak punya user dan password bisa mengakses read atau read-write sesuai pilihan di atas.


Selamat Mencoba

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search