Advertisement

10 Cara Menghemat Baterai Smartphone saat Pemadaman Listrik

Hujan yang terus menerus dari sore hari (31/12/2019) dan banyaknya sampah yang menyumbat selokan hal ini menyebabkan banjir yang terjadi di berbagai wilayah terutama di Jakarta.

Banjir tersebut juga mengarahkan pada pemadaman listrik yang bertujuan untuk menjaga keselamatan masyarakat.

Pemadaman listrik tersebut akan mempengaruhi smartphone kita untuk saling berkomunikasi terutama pada saat yang genting ini.

Tapi tahukah kalian terdapat 10 cara untuk menghemat baterai smartphone. Berikut ini adalah 10 hal yang perlu dilakukan untuk menghemat baterai semartphone:

1. Aktifkan Airplane Mode
Mati listrik yang melanda di sejumlah wilayah di Jakartsa dan sekitarnya juga berimbas pada koneksi seluler dan data. Untuk menjaga baterai kalian tetap hemat, coba aktifkan Airplane Mode atau matikan koneksi data agar smartphone kalian tidak terus mencoba mencari jaringan dan menguras baterai.

Jangan lupa matikan juga fitur konektvitas lain yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi.

2. Perhatikan Aplikasi yang Berjalan
Banyaknya aplikasi yang digunakan menjadi penyebab baterai smartphone menjadi boros. Untuk itu, ada baiknya kamu selalu perhatikan aplikasi berjalan yang ditempatkan pada background.

Jika sewaktu-waktu kamu merasa baterai Android kamu cepat sekali habis, coba cek penggunaan baterai kamu dengan masuk menu Settings > Battery > Battery Usage.

Lihat aplikasi apa yang mengonsumsi baterai paling banyak, dan silakan uninstall atau batasi penggunaannya secara bijak.

3. Disable Aplikasi Bawaan
Faktanya banyak sekali vendor sering menyematkan banyak bloatware pada smartphone besutannya. Kecuali untuk jajaran HP Android One yang menggunakan sistem operasi murni, geng.

Untuk lebih hemat baterai Android kamu, coba deh kamu disable bloatware dengan cara masuk Settings > Apps > Pilih Aplikasi > Disable.

4. Batasi Aplikasi di Background
Aplikasi di smartphone tetap aktif di background walaupun sudah kalian keluarkan. Untuk itu, kalian bisa membatasi aplikasi tertentu agar tidak berjalan di background caranya dengan masuk ke aplikasi Settings, kemudian Apps, pilih aplikasi yang ingin dibatasi, kemudian pilih Battery dan pilih opsi Restrict in the Background.

Jika ingin lebih praktis, kalian bisa mengunduh aplikasi Greenify. Aplikasi ini berfungsi untuk 'menidurkan' aplikasi kalian agar tidak memakan baterai.

Baca Juga: Google Maps Menandai Daerah Yang Terkena Banjir

5. Gelap Tak Selalu Jahat
Tema gelap nggak selalu berkaitan kejahatan. Malah berguna banget buat smartphone, apalagi jika menggunakan layar dengan panel AMOLED.

Layar AMOLED sangat lemah terhadap warna cerah seperti putih. Maka dari itu untuk bisa membuat baterai Android lebih awet, cobalah untuk menggunakan wallpaper bernuansa gelap.

6. Matikan Fitur Motions and Gestures
Fitur Motions and Gestures memudahkan kamu melakukan perintah hanya dengan gesture khusus pada layarnya, seperti mengambil screenshot, atau mengabaikan panggilan telepon.

Tapi sebaiknya matikan fitur Motions and Gestures ini untuk menghemat baterai smartphone Android milikmu.

Toh kamu masih bisa menggunakan perintah lain untuk menggantikan fitur ini, kan?

7. Matikan Notifikasi dan Auto-Sync
Fitur sinkronisasi otomatis bisa menguras baterai dan data kalian. Untuk menonaktifkan fitur auto-sync kalian bisa masuk ke menu Settings kemudian Accounts. Setelah itu, klik toggle Auto sync data hingga berubah menjadi abu-abu dan tidak aktif.

Selain itu, jika ingin lebih ekstrem aktifkan mode Do Not Disturb untuk menghentikan notifikasi masuk ke smartphone kalian.

8. Gunakan Aplikasi Versi Lite
Kalau kalian masih ingin menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu untuk menghilangkan rasa bosan saat mati listrik, coba gunakan aplikasi versi Lite yang membutuhkan baterai dan data yang lebih sedikit. Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang lebih enteng, sebut saja Twitter Lite, YouTube Go, Facebook Lite, dan masih banyak lagi.

9. Matikan Location Service
Jika kamu menggunakan perangkat Apple, cara menghemat baterai iPhone satu ini dapat kamu terapkan.

iPhone memiliki servis lokasi yang menyala pada setting default, kamu dapat mengubah pengaturannya dengan masuk ke Setting - Privacy - Location Service.

Kamu akan menemukan banyak aplikasi, pilih while using pada setiap aplikasi kamu untuk menghemat baterai.

Untuk aplikasi yang kamu anggap harus selalu terkoneksi dengan internetseperti Google Maps, kamu bisa pilih always.

10. Hindari penggunaan widgets dan live wallpapers 

Menggunakan gambar wallpaper animasi atau live wallpaper cukup menarik. Namun ini akan meningkatkan penggunaan prosesor sehingga menyebabkan daya baterai semakin terkuras. 

Sama halnya ketika menggunakan widget yang membutuhkan update data dari internet akan menyebabkan daya baterai pun ikut terkuras. 

Untuk itu pengguna dapat mencoba menggunakan wallpaper menarik yang statis dan meminimalisir penggunaan widget.

Post a Comment

0 Comments