Wednesday, January 15, 2020

2 Cara Mengupgrade Paket MikroTik

apa Paket MikroTik di Upgrade?
 Paket MikroTik di Upgrade untuk mengatasi/mengganti Bug (kerusakan/kekurangan) pada Versi sebelumnya..untuk meng-Upgrade paket mikrotik kita harus memiliki Paket (package) terbaru,untuk memiliki paket terbaru mikrotik kita bisa men-download nya di http://www.mikrotik.com/download.

Pertama kita perlu mendownload paket terbaru mikrotik di mikrotik.com/download.
Oke di sini saya akan men-download package/paket SMIPS versi 6.38.1(Current) yaitu versi paling baru saat ini, Kenapa saya mendownload paket SMIPS? Karna di tutorial ini saya menggunakan RouterBoard Hap-Lite dan Hap-Lite itu memakai RouterOS SMIPS,dan di sini saya akan mendowload MAIN PACKAGE.

Baca Juga: Cara Melihat Fitur-Fitur Mikrotik Beserta Funsinya

apa perbedaan Main Package dan Extra Package?
Kalo kita men-Download Main Package maka hasil download-an nya adalah 1 file yang berformat (.NPK) jadi kesimpulannnya Main package adalah sebuah file yang mewakili semua package dalam 1 file dan jika kita men-Download Extra Package hasil Download-an nya akan berformat (.zip) /sebuah RAR setelah itu kita perlu meng-Extrack nya agar semua kita bisa melihat semua package Mikrotik yang ada di dalam File tersebut,di dalam file tersebut ada 12 package Mikrotik yang format nya (.NPK) file tersebut terpisah sesuai keguaannya masing masing ,Contoh:ada file Wireless, DHCP, System, Security dan lain-lain.

Oke cara pertama adalah cara Drag and Drop dari folder ke Files(Winbox)
*Catatan: sebelum kita men-Drag and Drop pastikan Meng-Kosongkan/MemBackup Files Yang ada di Penyimpanan (Disk) RouterBoard,karna biasa Jika Disk RouterBoad Kepenuhan maka Paket Kita Tidak bisa masuk/Masuk tapi tidak Sempurna,karna Disk yang di miliki RouterBoad biasa nya Kecil,dan itu sering membuat Kita gagal Meng-Upgrade Paket Mikrotik.
Di tutorial ini saya Akan Mencoba Meng-Upgrade Paket MikroTik Dari Versi 6.37.1 ke Versi 6.38.1
Oke kita lanjut ke Lab nya ….
- Pertama kita cari file paket yang telah kita Download
- Lalu kita Drag and Drop ke Files (winbox)
Setelah Step Ini Sudah selesai maka akan ada Proses Upload dar PC ke Router nya

Cara kedua,
kita akan mendowload paket nya langsung dari RouterBoard. Jika Kita menggunakan cara ini,RouterBoard kita harus Terkoneksi ke Internet.
Oke langsung saja tutorialnya:
- Klik System > Package > Check For Updates
- Kita Isi Channel=Current
- Klik Download&Install
Baca Juga: Cara Men-Enable Dan Disable Serta Uninstall Package

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search