Advertisement

Fungsi dan Tutorial User Management Pada MikroTik

Apa Fungsi User Management?
Fungsi utama dari User Management adalah Melindungi Router MikroTik Kita, agar tidak semua orang bisa meng-config router kita sembarangan karna Untuk masuk dan Meng-Config Router MikroTik Kita perlu menggunakan User Management.User Management bisa dibilang sama dengan User Login atau User yang kita gunakan Untuk masuk Ke system Mikrotik.
Pada dasar nya RouterBoard Mikrotik Memeliki User Management (User Login) Default yaitu: User (Login)=admin ,Password=(kosong).
Kita bisa Membuat Banyak User Management di MikroTik,Misalnya Kita bisa membuat User Untuk Rekan Kita yang sama sama meng-Handle jaringan di daerah kita,kta bisa membuatkan dia User management dengan hak akses Full/Write,atau kita bisa membuat user untuk Teman kita yang hanya ingin melihat/Memonitoring jaringan Kita.

ini adalah sedikit penjelasan Tentang Akses Full,Write dan Read:
- Full : user yang memiliki akses ini merupakan user dengan pangkat paling tinggi, yang dapat melakukan konfigurasi seperti menghapus konfigurasi, menambahkan konfigurasi, sampai dengan menambahkan user baru ke dalam sistem Mikrotik.
- Write : user ini memiliki akses ini hampir sama seperti user yang memliki akses Full, namun bedanya Akses Write tidak dapat menambahkan user baru, dan juga tidak dapat melakukan proses backup konfigurasi.
- Read : user dengan akses ini hanya mampu melakukan monitoring pada sistem, tidak mampu melakukan konfigurasi seperti pada user dengan memiliki akses Write maupun Full.

Baca Juga: Cara Melihat Fitur-Fitur Mikrotik Beserta Funsinya

Selanjutnya Kita akan mencoba membuat User dengan Akses Write dan Read.
- Klik System > User > add (+)
- Kita isikan name=User1 (terserah kita) Group=Write Password=(terserah)
Selanjutnya Kita buat User dengan akses Read.
- Klik System > User > add (+)
- Kita isikan name=BigDream (terserah kita) Group=Read Password=(terserah)

Untuk Akses User nya kita juga bisa Meng-Custom nya dgn cara membuat Group di sana kita bisa meng-Custom sesuai keinginan kita.
Pertama kita Kita harus membuat Group Untuk
user..
- Klik System > User > Group > Add (+)
- Isi name=Murid-TKJ-1 (Terserah kita), Policies Kita Ceklis Sesuai Kebutuhan User.
- Lalu Aplly dan OK
Selanjut nya kita akan Membuat user dengan Group akses Murid-TKJ-1,caranya sama seperti membuat user sebelumnya,hanya bedanya Group kita isi dengan Group yang telah kita buat (Murid-TKJ-1).
Tentang Policies beserta
Keterangannya:
- telnet : kebijakan yang mengijinkan use login secara remote via telnet
- ssh : kebijakan yang mengijinkan user login secara remote via secure shell protocol
- ftp : Kebijakan yang mengijinkan hak penuh login via FTP, termasuk transfer file dari/menuju router. User dengan kebijakan ini memiliki hak read, write, dan menghapus files.
- reboot : Kebijakan yang mengijinkan user me-restart router.
- read : Kebijakan yang mengijinkan untuk melihat Konfigurasi router. Semua command console yang tidak bersifat konfigurasi bisa diakses.
- write : Kebijakan yang mengijinkan untuk melakukan konfigurasi router, kecuali user management. Policy ini tidak mengijinkan user untuk membaca konfigurasi router, user yang diberikan policy wirte ini juga disarankan juga diberikan policy read.
- policy : Kebijakan yang meemberikan hak untuk management user. Should be used together with write policy. Allows also to see global variables created by other users (requires also 'test' policy).
- test : Kebijakan yang memberikan hak untuk menjalankan ping, traceroute, bandwidth-test, wireless scan, sniffer, snooper dan test commands lainnya.
- web : Kebijakan yang memberikan hak untuk remote router via WebBox
- winbox : Kebijakan yang memberikan hak untuk remote router via WinBox
- password : Kebijakan yang memberikan hak untuk mengubah password
- sensitive : Kebijakan yang memberikan hak untuk melihat informasi sensitif router, misal secret radius, authentication-key, dll.
- api : Kebijakan yang memberikan hak untuk remote router via API.
- sniff : Kebijakan yang memberikan hak untuk menggunakan tool packet sniffer.

Post a Comment

0 Comments