Saturday, March 28, 2020

PENTING, Dibutuhkan Tenaga Medis untuk Tangni COVID-19

Kasus positif virus korona di Indonesia sudah mencapai 1.046 dengan 566 kasus ada di Jakarta.

Para pasien itu tidak lagi hanya ditangani rumah sakit rujukan. Seluruh fasilitas kesehatan, termasuk RSUD serta puskesmas, ikut menangani. Sehingga membutuhkan jumlah tenaga medis yang banyak.

Untuk menjawab kebutuhan tenaga medis itu, Pemprov DKI memanggil para Pahlawan tenaga medis untuk turut membantu.

"Jakarta memanggilmu relawan tenaga kesehatan. Untuk ikut berpartisipasi menanggulangi COVID-19 sebagai relawan tenaga kesehatan," dikutip dari laman resmi Pemprov DKI, Jumat (28/3).

Tenaga medis yang dibutuhkan, yakni; dokter spesialis paru, dokter umum, perawat, dokter spesialis penyakit dalam, serta pranata lab genetika, dan biologi molekuler dengan syarat menguasai metode PCR.

Tidak hanya tenaga medis, Pemprov DKI juga menerima bantuan relawan yang bersedia menyumbang tenaga dan keahlian. Mereka akan ditempatkan di rumah sakit, puskesmas, atau Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Para relawan itu akan mendapatkan akomodasi dan transportasi dari penginapan ke rumah sakit. Para relawan juga harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR).

Bagi masyarakat yang tertarik dan ingin menjadi relawan dapat mendaftarkan diri ke bit.ly/relawannakesjakarta atau membuka laman https://jdcn.jakarta.go.id/kolaborasi-tanggap-corona

Pembukaan relawan penanganan virus korona juga dilakukan pemerintah pusat melalui Gugus Tugas Covid-19 yang dinaungi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dibutuhkan setidaknya 1.500 dokter dan 2.500 perawat, kemudian sopir ambulans, serta tenaga medis lainnya.

Read more: Hospitals In Italy Cannot Be Enough To Accommodate Covid-19 Patients

Lebih Baik Aktivitas di Rumah

Aktivitas di rumah untuk saat ini adalah hal signifikan untuk dilakukan. Banyak surat edaran yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat yang mewajibkan warga diam di rumah selama 14 hari. Tujuannya sangatlah baik, yaitu bisa membantu memutuskan rantai penularan virus covid 19 ini. Semakin banyak orang yang melakukan aktivitas di rumah, semakin cepat kita bisa beraktivitas seperti biasa.

Banyak hal yang menarik saat kita berada di rumah, kita bisa lakukan dengan hal-hal yang baik, seperti membaca buku sesuai dengan kesukaanya, belajar menulis artikel dengan hal-hal yang menarik, mendengarkan musik yang dapat membuat jiwa menjadi senang, menonton film kesukaan sesuai dengan jenis dan klasifikasi umur tepat yang dapat ditonton, berolahraga  secukupnya, membersihkan area rumah dengan leluasa, mulai dari kamar tempat tidur, halaman rumah dan ruangan lainnya, sehingga dapat beristirahat dengan nyaman, berkumpul bersama keluarga, mengakses informasi seluas-luasnya dengan mudah dan nyaman menggunakan gawai masing-masing dan terakhir kita juga di rumah dapat  memanfaatkan waktu yang banyak untuk beribadah.

Selama di rumah, kita harus tetap menjaga kesehatan setiap harinya. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dapat  kita mulai dengan seringnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, minum air putih serta mengkonsumsi  buah, sayur dan makanan dengan gizi seimbang agar imunitas menjadi kuat.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search