Tuesday, April 7, 2020

Cara Block Akses IP Di Mikrotik

Apa itu fungsi blok IP?
Fungsi dari Block Akses IP Di Mikrotik adalah agar si pengguna atau user yang menggunakan IP tersebut tidak dapat terhubung ke internet dan disini kalian akan memanfaatkan fitur Firewall yang ada pada MikroTIk.

Firewall sendiri merupakan sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi melindungi komputer dari beragam jenis serangan dari komputer luar. Firewall memonitor dan mengontrol semua lalu lintas jaringan masuk dan keluar yang kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan. Secara umum, firewall komputer adalah program perangkat lunak yang mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi.Tujuan utama dari firewall yaitu untuk menghindar orang yang berwenang untuk membangun koneksiserta memperoleh akses ke jaringan anda.

Nah bertikut ini adalah langkah-langkah dalam Block Akses IP Di Mikrotik:
1. Kalian login MikroTik terlebih dahulu
MikroTik
2. Pastikan kalian sudah terhubung ke Internet
3. Cari ip mana yang ingin kalian block, bisa mengeceknya melalu CMD > ipconfig, Dan setelah IP yang akan saya block akan muncul contohnya 192.168.10.254
MikroTik
4. Lalu buka MikroTik IP > Firewall > Filter Rules > + (add)
MikroTik
5. Buat Filter Rules dengan: Chain: forward, Src address: 192.168.10.254 (IP network yang akan diblok)
MikroTik
6. Lalu pindah ke Tab Aaction: Action: Drop Lalu Apply dan Ok

Read More: Cara Melihat Fitur-Fitur Mikrotik Beserta Funsinya
MikroTik
7. Setelah itu akan terdapat list baru di Firewall > Filter Rules
MikroTik
8.Jika semuanya sudah selesai kalian bisa cek koneksi internet kalian baik melali CMD > Ping 8.8.8.8 atau pada browser yang kalian miliki
Techbigdream
Techbigdream
Itulah langkah-langkah Cara Block Akses IP Di Mikrotik semoga artikel-artikel yang ada di Techbigdream dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya. Terimakasih telah berkunjung dan selalu pantau situs kami agar tidak ketinggalan tutorial yang lain.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search