Advertisement

Belajar Dasar HTML untuk pemula

HTML

Tahukan kalian bahwa dasar dari pembuatan Website yaitu ada pada HTML dan seiring perkembangannya waktu HTML sendiri sudah memiliki beberapa versi yang terbaru sekarang sudah berada di vesri 5 dan HTML sendiri sudah diSupport oleh banyak browser kalian bisa mengeceknya di Evolution Of The Web.
Pada kesempatan kali saya akan membahas HTML dimulai dari awal agar kalian lebih memahami apa itu HTML. 

Pengertian HTML

HTML atau singkatan dari HyperText Markup Language adalah bahasa Markup standar untuk dokumentasi yang dirancang untuk ditampilkan di  Web Browser (Wikipedia). 
Dengan hanya menggunakan HTML untuk tampil di browser memang bisa tapi akan tampak sangat membosankan jika dilihatnya seperti gambar dibawah ini:
Website HTML
Dapat dilihat dari gambar diatas bahwa Web yang hanya menggunakan HTML saja keliatannya sangat membosankan oleh karena itu kita perlu menambahkan CSS untuk mempercatik halaman web kita dan JavaScript untuk menambahkan fungsi-fungsi pada web agar lebih interaktif.

HTML sendiri memiliki struktur dasar atau yang basic dipakai yaitu: 
Itulah contoh dari struktur dasar pada HTML dapat dilihat di dalam struktur tersebut terdapat beberapa tag dasar yaitu: <html>, <head>, <title> dan yang lainnya.

Dengan struktur dasar tersebut kita bisa membuat Website walaupun belum sepenuhnya mumpuni tapi kalian dapat mencobanya dengan meng-copy dan pastu struktur dasar tersebut ke notepad atau code editor yang kalian miliki setelah di copy lalu disave dengan diakhiri (.html) agar file tersebut dapat dijalankan.

Di Code tersebut dapat kalian lihat di tag <title> dan <body> kalian bisa menuliskan judul dan content yang akan kalian gunakan untuk lebih lengkapnya tentang dan fungsi dari tag-tag tersebut akan saya buat dalam artikel terpisah.

Oke sekian dulu dari saya jika ada dari kalian yang kurang paham silakan tulis dikolom komentar.

Post a Comment

0 Comments